The Magic of Macromedia Director + CD (Edisi Revisi) : Toko Buku Komputer BI-OBSES
The Magic of Macromedia Director + CD (Edisi Revisi)
Penerbit : INFORMATIKA
Penulis : Hendi Hendratman, ST.
Tebal Buku : 366 Halaman
Kategori : Basis Data / 3D Studio & Animation
Berat Buku : 0.53 Kg
Harga : Rp 70.000  

Rating: 3.1/5 (65 Voters)

Share
|

Buku ini dibuat untuk anda yang ingin menyelami seluk beluk Multimedia Interactive menggunakan Macromedia Director. Apapun profesi anda, sadar atau tidak sadar selalu melakukan presentasi atau promosi. Dengan Macromedia Director, presentasi anda akan lebih komunikatif (mudah diterima), impresif (mengesankan) dan inovatif (lebih dari yang lain).
Jika anda ingin presentasi yang lebih canggih, namun tidak ingin pusing dan repot menggunakan Script Macromedia Flash, maka Macromedia Director adalah solusinya.
Dengan mempraktekkan Tutorial bab 1 sampai akhir, otomatis anda akan mengetahui fungsi tools, script Macromedia Director, sehingga anda akan mampu membuat karya multimedia, seperti CD Interactive, Game dll. Silakan buktikan, It’s Magic!

Buku ini menggunakan bahasa yang sederhana dan menggunakan kasus populer dan variatif, sehingga proses belajar menjadi sesuatu yang menyenangkan.
Tutorial dibuat dengan Director MX 2004. Namun dapat dipraktekkan di Macromedia Director yang lebih rendah atau lebih tinggi. Anda tidak perlu kuatir jika masih menggunakan versi lama, karena Macromedia Director bisa membuka file versi lebih tinggi atau lebih rendah.
CD yang disertakan di buku ini, berisi data yang diperlukan di setiap tutorialnya. Disertakan pula software pendukung dan Plug-ins untuk menambah kemampuan Director.
Banyak fitur dan kasus yang belum dibahas dalam buku yang sederhana ini karena kapasitas penulis. Selanjutnya anda dapat mengembangkan sendiri dan mencari narasumber yang lebih kompeten. Semoga ilmu yang didapat bisa bermanfaat bagi anda dan orang lain. Amin. …….It’s  Showtime!

 

The Magic of Macromedia Director

 

Materi yang dibahas dalam buku “The Magic of Macromedia Director”  

Tutorial 1: Basic Interactive
Membuat multimedia interaktif dengan perintah navigasi sederhana untuk profil pribadi. Multimedia interaktif tsb terdiri dari gambar / image dari photoshop (*.jpg), image animasi (*.gif) dan objek dari flash (*.swf ) dan tombol Standar Macromedia Director. Struktur / Diagram interaktif digambarkan sebagai berikut. Hasil akhir di-compile/publish menjadi file projector/application  (*.exe) yang bisa dijalankan di komputer lain.

Tutorial 2: Slide Show
Membuat slide show interaktif dengan komponen audio dan video. Halaman tampil dari awal berurutan sampai akhir (dan sebaliknya). Unsur yang dilibatkan antara lain text, musik latar *.mp3 dan animasi GIF, bitmap, Flash *.swf dan video AVI. Kasus ini biasa dipakai saat presentasi seminar, presentasi tugas akhir, pameran dll.

Tutorial 3: Hotel Room Kiosk
Membuat media informasi sebuah hotel (hotel kiosk) sederhana yang terdiri dari background animasi, 3 buah tombol yang dapat berubah gambar saat mouse lewat (yang dibuat di Photoshop) dengan tambahan efek suara.Animasi background berjalan berulang terus menerus (looping) dan dikerjakan di Macromedia Director secara terpisah

Tutorial 4: Installer & Launcher
Membuat Setup menu / Installer untuk dapat mengakses program / software di luar Macromedia Director.  Anda dapat membuat tombol untuk membuka folder my computer, membuka explorer pada folder tertentu, install software, membuka calculator windows xp dan membuka (launch) file pdf tanpa menggunakan Acrobat Reader. Jika mouse memasuki tombol akan ada animasi pada tombol tersebut bukan sekedar ganti image / rollover. Kemampuan ini sama seperti yang dimiliki Macromedia Flash. Pada akhirnya akan dibuat CD Autorun

Tutorial 5: Robotic TV Screen
Membuat animasi (posisi dan rotasi) lengan robot yang muncul dari atas layar, dilengkapi efek suara mesin. Kemudian tampil - layar dan film (de­ngan format MPG/VCD). Setelah film selesai, otomatis layar menghilang dan lengan robot animasi kembali ke posisi awal/semula.

Tutorial 6: Musicbox
Materi tutorial ini fokus pada urusan suara / musik. Tampilan dibuat gaya tape recorder agar mudah dikenali (user friendly). Terdiri dari pengaturan volume, balance, pilihan lagu / musik. Tombol Pause, Rewind (ke awal lagu), Play, Stop, Fade (Volume Suara semakin turun) dan tombol toggle on / off. Untuk lebih menarik ditambah animasi speaker dibuat di Director dan VU Meter yang dibuat di Adobe After Effects.

Tutorial 7: Gallery of Superheroes
Membuat halaman informasi poster film superhero yang kaya unsur visual agar memukau audience anda. Terdapat animasi looping cahaya dan rolling teks.

Tutorial 8: Peta Indonesia
Membuat presentasi interaktif rencana jalur Kereta Api. Informasi lengkap dapat diklik di 5 pulau besar di Indonesia. Setelah pulau di klik, tampil pulau tersebut secara zoom in (animasi scale membesar) sehingga rencana detail dapat terlihat. Agar lebih informatif, gambar pulau dapat digeser-geser.
Tutorial ini membahas trik animasi interaktif dan tombol yang disamarkan sebagai pulau dan trik meng-export dari Coreldraw.

Tutorial 9: CD-interaktif Project 
Membuat sebuah CD-Interaktif dengan kedalaman menu 2 tingkat / level. 7 file movie dibuat terpisah oleh 7 orang di team. Anda hanya menggabung ke 7 file sehingga menjadi CD-interaktif yang komples. Contohnya: CD Anak Cerdas, CD Barbie Rapunzel, CD Pembelajaran Depdiknas. Tujuan tutorial ini lebih ke arah efisiensi kerja (tips & triks) dibandingkan pengenalan perintah baru.

Tutorial 10: Paintbox 
Membuat program sederhana untuk menggambar / curat-coret di layar dengan fasilitas seperti kanvas, brush, airbrush, penghapus dll seperti paintbrush yang ada di Accessories Windows. Dengan menggunakan library instan, anda dapat menciptakan program lukis de­ngan interface yang menarik untuk anak-anak.

Tutorial 11 : Password
Membuat program password/kata kunci untuk membatasi akses. Bila password benar maka akan ada ucapan selamat datang, tetapi jika password salah akan muncul kotak dialog peringatan. Tutorial ini membahas pemrograman logika sederhana dengan 2 kemungkinan. Untuk programmer Delphi, Visual Basic dll, tentu hal ini sudah biasa. Dipelajari pula pengaturan instan untuk masukkan/input teks, variabel teks dan kotak dialog yang dapat dicustomize.

Tutorial 12: Calculator
Memahami operasi matematika & angka dalam hitungan penjumlahan, pengurangan, perkalian, pembagian, persentase dan operasi matematika lain. Dengan menguasai operasi matematika, diharapkan dapat membuat program untuk penilaian (Scoring), pengambilan keputusan dll.

Tutorial 13: Multiple Choice
Membuat program pertanyaan dengan jawaban pilihan berganda (multiple choice) secara linear. Pada akhir pertanyaan diperlihatkan penilaian akhir (Scoring). Disediakan kesempatan jika ingin mengulang soal dari awal. Dengan pengetahuan di tutorial ini diharapkan mampu membuat software pembelajaran untuk sekolah, angket survey dll.

Tutorial 14: Ramal Digital
Membuat program ramal asmara, keuangan dan kesehatan yang terdiri dari 6 kemungkinan. Hasil ditentukan oleh tanggal lahir. Pada awal animasi Flash tampil sampai selesai dikontrol oleh script. Waktu/tanggal hari ini dan jam saat ini ditampilkan secara realtime. Tutorial ini lebih menggunakan perintah case of selain  if..then..else

Tutorial 15: 3D Prototype
Mengatur pandangan camera objek 3 Dimensi yang dibuat dengan 3D Studio Max. Dengan bantuan Script Lingo 3D dan Library, anda dapat memutar objek 3 Dimensi sesuka anda. Ditambah tombol dengan script untuk mengatur jarak Camera. Tutorial ini cocok untuk anda yang ingin mempresentasikan suatu produk secara interaktif.

Tutorial 16: Virtual Reality Museum
Memasuki simulasi ruang maya (Virtual Reality) yang dikendalikan panah di Keyboard. Ruang VR tersebut mempunyai cahaya dan kabut yang dapat dikendalikan. Terdapat objek animasi dan objek dapat di geser-geser atau di klik ke ‘marker’ Macromedia Director. Link tersebut menuju ruang maya lain dengan teknologi panorama dari Quicktime VR. Tutorial ini bermanfaat untuk visualisasi interior, arsitektur atau game berbasis Direct3D/OpenGL.

Tutorial 17: Web Style Interface
Membuat tampilan / interface bergaya web, dengan kemampuan hyperlink, animasi teks, vector shape untuk menggambar secara vector seperti flash dan script untuk mouse yang mempengaruhi objek lain dan warna stage. Tutorial ini biasa digunakan untuk halaman akhir credits atau halaman contact us.

Tutorial 18: MOV vs AVI
Mengetahui fasilitas kekurangan dan kelebihan menggunakan file video format *.MOV dan *.AVI. Tombol di-import dari Macromedia Flash lalu ditambahkan behavior dan Script untuk mengendalikan file video tersebut. Di setiap tombol terdapat tooltip untuk menampilkan teks sementara. Pada tutorial 5: “Robotics TV Screen” telah dijelaskan keunggulan file VideoCD format *.MPG. Semoga anda dapat menimbang-nimbang mana format yang terbaik untuk presentasi menggunakan video di Macromedia Director

Tutorial 19: Puzzle Game
Membuat game seperti Puzzle & Jigsaw untuk menyusun gambar yang terpisah-pisah agar menjadi gambar yang utuh. Game ini sangat mudah (tentu saja) karena yang biasa yang memainkannya adalah anak-anak dibawah usia 3 tahun. Yang sulit bukan memainkannya tetapi membuatnya (tentu saja) karena baru akan dibahas disini. Game ini dilengkapi timer untuk menguji kecepatan berpikir anda. Selamat bermain! eh….selamat belajar.

Tutorial 20: Bat out of Hell Game
Membuat game anak – anak sederhana, dimana anda berperan sebagai angel / malaikat penyelamat yang ditugaskan untuk mengembalikan boneka kelinci ke pangkuan gadis cilik. Tugas tersebut dihalangi oleh seekor kelelawar liar yang baru lepas dari neraka jahanam. Bila malaikat tersebut tersentuk kelelawar tersebut riwayat anda habis. Berhati-hatilah, selamat berjuang!

Tutorial 21: Evaluasi Jodoh
Tutorial Evaluasi ini mirip dengan tutorial 13: Multiple Choice, bedanya kali ini menggunakan radio button dan hasil / kesimpulannya berupa komentar bukan angka. Tabel dibuat di Microsoft Word, background dibuat di Adobe Photoshop

Tutorial 22: Pulldown Menu Interface
Dengan sedikit trik sederhana anda dapat membuat interface dengan menu pulldown. Agar lebih mudah, komponen interface dibuat di Coreldraw lalu di-retouch di Adobe Photoshop agar lebih menarik. Tutorial ini dijelaskan secara prinsip karena anda tentu sudah mempelajari tutorial –tutorial sebelumnya. Diharapkan anda mampu membuat interface yang lebih rumit dan kreatif

Tutorial 23: Now is the Time
Membuat jam analog seperti jam dinding, bisa dibuat dengan mudah dengan bantuan Library ‘Analog Clock’. Untuk menggambar jam yang lebih menarik perlu bantuan software vector seperti Flash, Coreldraw, Illustrator, dan Freehand. Dengan kemampuan baru di Macromedia Director MX 2004 yaitu ‘Mask‘, akan bisa membuat window interface yang tidak kotak lagi (dalam kasus ini lingkaran).  Dengan mempelajari tutorial ini anda akan mampu membuat program pengingat waktu / reminder, alarm bahkan bom waktu!

Tutorial 24: DVD Media
Membuat interface DVD player pada presentasi anda, dapat dilakukan dengan mudah di Macromedia Director MX 2004. Dengan bantuan library DVD Controller, anda dapat membuat player seperti WinDVD, PowerDVD dll. Tutorial ini membutuhkan DVD player.

Tutorial 25: 3D Game World
Tutorial ini untuk menjawab masalah di bab 17: Virtual Reality, di mana kamera dapat yang menembus tembok. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis tidak menggunakan behaviour lagi, tetapi menggunakan script yang disediakan di http://www.robotduck.com. Dengan demikian anda dapat berjalan-jalan di dalam ruangan 3D tanpa bisa menembus tembok atau objek lain. Persis seperti sedang main game 3D seperti Quake, Counter Strike, Doom, Serious Sam dll.

Tutorial 26:  Scrolling Image
Untuk membuat teks yang bisa digulung / Scroll, bisa menggunakan Property Inspector à Text, Framing: Scrolling. Tetapi untuk membuat Scrolling untuk Gambar, harus menggunakan Library: Scrollpane

Tutorial 27:  Customize Scrollbar
Di tutorial ini anda diajak memfungsikan tombol Scroll di mouse dan merubah Scrollbar sesuai selera anda .

Tutorial 28: Customize Cursor
Cursor (tanda panah penunjuk mouse) standar Windows akan kita ganti dengan gambar buatan kita sendiri dengan menggunakan Adobe Photoshop, lalu di import di Macromedia Director untuk dijadikan cursor. Agar lebih mendasar, kini kita menggunakan Adobe Photoshop (versi 5 ke atas) untuk menyiapkan gambar cursor.

Tutorial 29: Full Screen
Untuk membuat movie fullscreen ada 3 cara antara lain : Publish Setting, Script, Plugins Xtras: Dmchangeres.x32 dan Displaymode.x32

Tutorial 30: Customize Icon Projector
Setiap membuat projector, icon selalu bergambar bukan? Anda tentu bosan dan ingin lebih pribadi. Dengan bantuan software Utility Micro Angelo 5.5, anda dapat berkreasi sesuka hati.

Tutorial 31: Tips n Trix
Meliputi :  Image Editor di Macromedia Director, Menu Standar dengan Installmenu, Exit Lock, Channel Transition, Help, Film Loop dengan Cast toTime, Film Loop dengan Space to Time,

Tutorial 32: Proses Produksi CD Interaktif Perusahaan
Untuk membuat CD-i biasanya bisa dibagi beberapa tahap umum antara lain:
Riset (Research), Konsep  (Concept), Pengumpulan Data (Data Resources), Pra Produksi & Produksi , Mastering (Production), Duplikasi CD dll. Dijelaskan pula contoh rincian biayanya.

Komentar Pembaca Bagikan
irwan
2014-08-24 - 14:40:23
saya usulkan agar pak hendi menulis buku yang membahas secara lebih lengkap mengenai modifier dan reactor pada 3ds max,karena selama ini buku yg membahas materi tsb belum benar-benar lengkap dibahas. Trms
agres
2013-09-04 - 13:51:08
saya mengalami kesulitan saat menggunakan scrollpane karena scroll tidak muncul. mohon bantuannya, terimakasih :)
matuy
2013-08-12 - 23:41:38
elamat malam mas Buku nya sangat menarik dan mudah dipahami. Oy mas saya ingin bertanya, perintah / listing program untuk menampilkan title pada sebuah objek yang kita eksekusi apa y? (contohnya gini mas, saya ada peta namun saat mouse mengarahkan ke peta tersebut, saya ingin muncul keterangan / title dari peta yang saya mau klik) Mohon bantuannya y mas
aaa
2013-07-28 - 05:43:37
waduh buku yang satu ini saya carinya susah sekali
eruk
2012-10-09 - 01:12:03
tolong bantuannya, bagaimna script untuk load file swf??
priyo
2010-08-15 - 23:24:06
mas ini buku ad tutorial buat user manual interaktif ny nggk ??? trims.
gusnanto
2009-09-15 - 05:41:55
trim bagus banget buku karangan om hendi saya agus di purworejo saya ingin sukses dibidang IT seperti om hendi di t4 saya kuliah saya sebenarnya inginsekali membuat comunity programmer, animation and designer club wah mantap deh makasih bukunya om slm hangat,
Tuliskan Komentar anda disini
Nama*
Email* (email tidak ditampilkan)
Komentar*
(Antispam Code, 3 black symbols)
captcha image